Senin, 03 November 2014

Membedakan Kalimat yang Berisi Fakta, Opini, dan Kesimpulan


a.       Fakta adalah sebuah kenyataan dan kebenaran yang telah menjadi bagian dari sejarah waktu; kebenarannya tidak perlu dibuktikan lagi. Kalimat fakta mengatakan sesuatu secara objektif (apa adanya), tidak memberikan penilaian, dan tidak bermaksud mempengaruhi.
Contoh : Korban musibah tanah longsor di Pemandian Air Panas, Pacet, Mojokerto, Jawa Timur, hingga tanggal 13 Desember 2002 telah mencapai 30 orang tewas.
b.      Pendapat adalah suatu gagasan atau pemikiran tentang sesuatu. Gagasan dapat berupa penilaian, anggapan, atau dugaan yang bisa saja salah sehingga perlu dibuktikan kebenarannya. Di dalam pendapat ada maksud untuk memengaruhi, meyakinkan, atau membentuk opini public sehingga biasanya disertai bukti-bukti dan alasan (argumen)
Contoh : Menurut pihak Perhutani, musibah tanah longsor di Pacet adalah murni musibah alam belaka yang tidak bisa diduga. Kita tidak perlu menyalahkan siapa-siapa.
c.       Kesimpulan adalah pendapat atau pemikiran yang telah diuji beberapa kali dan terbukti kebenarannya. Kesimpulan pada hakikatnya merupakan sebuah rumusan pernyataan umum yang ditarik setelah melihat bukti atau fakta yang ada di lapangan.

Contoh : Musibah itu tidak akan dating tiba-tiba apabila sebelumnya para pengelola kawasan lindung Pacet, Mojokerto, memeliharanya  dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yang baik ya