Senin, 10 November 2014

PENGERTIAN GUNUNG LAUT

Gunung laut atau gunung bawah laut (Bahasa Inggris Seamount) adalah gunung berapi bawah laut yang menonjol dari dasar laut yang tingginya sekitar 1.000 hingga 4.000 m dari kedalaman hingga permukaan laut. 


Gunung laut biasanya terbentuk dari gunung berapi yang sudah punah, yang kemudian naik secara tiba-tiba dari dasar laut ke permukaan dengan tingginya 1,000-4,000 meter (3,000-13,000 kaki) tingginya. Gunung laut bisa ditemukan di semua lautan luas di dunia terutama di Mediterania, dan Hampir setengah dari gunung laut di dunia ditemukan di Samudera Pasifik, dan sisanya didistribusikan sebagian besar melintasi Atlantik dan Hindia. 

Gunung laut didefinisikan oleh ahli kelautan yaitu gunung yang tingginya paling sedikit memiliki kerendahan 1.000 meter (3.281 kaki) di atas dasar laut. Puncak gunung laut sering biasanya terhitung ratusan sampai ribuan meter dari bawah permukaan, dan karena itu dianggap dalam laut dalam. 

Ada sekitar 100.000 gunung laut di seluruh dunia, dengan hanya beberapa yang telah dipelajari. Gunung laut bisa dijumai dalam berbagai bentuk bentuk dan ukuran, dan mengikuti pola yang khas dari pertumbuhan, kegiatan, dan kepunahan gunung itu sendiri. 

Dalam beberapa tahun terakhir, gunung laut aktif beberapa telah diamati, misalnya Loihi di Kepulauan Hawaii.

Gunung laut dapat ditemukan di setiap cekungan laut di dunia, didistribusikan sangat luas baik dalam ruang dan usia. Sebuah gunung bawah laut secara teknis didefinisikan sebagai elevasi terisolasi meningkatnya 1,000 m (3,281 ft) atau lebih dari dasar laut di sekitarnya, dan dengan luas puncak yang terbatas, definisi 

Gunung laut terbentuk jutaan tahun yang lalu oleh vulkanisme, yang terjadi di bawah permukaan laut. Gunung laut juga bisa membentuk rantai panjang pulau dan gunung laut membentang ribuan kilometer dari barat laut Hawaii, Islandia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yang baik ya