Senin, 10 November 2014

Cara Mudah Mengatasi Galau Bagi Para Remaja

Sebelum kita membahas masalah galau, ada baiknya kita ketahui definisi dari galau. Banyak temen-temen yang bilang galau-galau tetapi tidak tau arti dan definisi dari galau itu sendiri. Galau merupakan kata sifat yang artinya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Galau merupakan Kata sifat 1. ber•ga•lau a sibuk beramai-ramai; ramai sekali; kacau tidak keruan (pikiran); ke•ga•lau•an n sifat (keadaan hal) galau.
Ada yang juga yang mengatakan bahwa Galau merupakan singkatan dari God Always Listening And Understanding. Maksudnya, galau adalah keadaan ketika kita merasa pasrah, bingung, dan hanya bisa berserah diri kepada Tuhan.
Biasanya, galau sering dialami para remaja yang sedang patah hati atau stress ngadepin tugas dan ujian di sekolah. Namun, saat ini juga mulai banyak anak-anak dan orang-orang dewasa yang juga mengaku dirinya sering mengalami kegalauan.
Berikut adalah Tips Cara Mudah Mengatasi Galau Terutama Bagi Para Remaja  
1. Jangan berfokus pada patah hatimu
Semakin berfokus pada patah hati, semakin kita memikirkan si dia. Lupakan dia! Inget2 aja kelemahan si dia, untuk melawan rasa galau kamu.  Memang sih ngga mungkin kita melupakannya, hanya amnesia solusinya. Tapi, ngapain juga mikirin dia terus, mikirin momen-momen indah kalian berdua, dsb. 
2.    Lihat sekitarmu
Kalu kita berfokus pada diri sendiri, kita akan merasa yang paling menderita. Padahal ada banyak orang di luar sana yang lebih menderita. Jadi, coba buka mata! Lihat sekitarmu! Adakah yang bisa kamu bantu? Dengan aktif bergaul dengan sekitar, membantu orang lain dan sebagainya, itu akan ngebuat kita tidak berfokus pada diri sendiri – yang akhirnya bisa mengikis sakitnya patah hati.
3.    Pantang Menyerah dan Selalu Memotivasi Diri Sendiri
Jika kalian sedang dalam masalah, jangan kalian merasa putus asa terhadap masalah tersebut. Terus hadapi masalah tersebut dengan santai, percaya bahwa kamu bisa mengatasinya dan Tuhan tidak akan memberi cobaan yang tidak bias kamu atasi, berdo’a, yakinkan bahwa dirimu yang terbaik, dan katakanlah pada dirimu “Aku bisa! Aku bisa! Aku bisa!”
4.    Tukar lagu-lagu Mellow dengan lagu-agu Pemberi Semangat
Kebiasaan kita banget nih. Kalau frustasi, terutama kalau sedang patah hati, langsung ngedengerin lagu-lagu mellow, Tapi please, SE-CU-KUP-NYA. Sebaiknya, lebih banyak denger lagu-lagu PENYEMANGAT! As example “Dunia Belum Berakhir”-nya Shaden dan “Tetap Semangat”-nya Bondan Prakoso and Fade2Black
5.    Curhat
Curhat itu penting banget! Dengan curhat, orang lain akan tau apa yang kita alamin dan mereka bisa menyemangati kita. Curhat bisa 3 bentuk :
a.   Curhat pada seseorang yang kita percayai. (Jangan curhat ke orang yang suka Ember!)
b.   Curhat pada Tuhan (jika tidak ada lagi orang yang bisa dipercaya atau kita malu untuk mengatakannya pada orang tua)
c.   Curhat lewat tulisan. Kamu bisa menumpahkan isi hatimu di diary, Twitter, atau di blog. Jadi satu karya kan yah?
6.    Menghibur Diri
Misalnya nonton acara komedi, jalan-jalan, nglakuin hal-hal yang kita senengin (hobi), maen sama temen, dll.
7.    Menenangkan Diri dan Berusaha Membujuk Kita Menghilangkan Berbagai Masalah yang Menimpa Kita
Ada beberapa orang yang cara untuk menenangkan dirinya ketika galau adalah tidur. Karena, mereka merasa bahwa dengan tidur semua masalah akan menghilang bersama mimpi-mimpi kita ketika tidur. Sehingga, ketika kita bangun kita merasa fresh dan kita bias memulai suatu hal baru yang lebih baik.
Ada juga orang yang meniup permen karet untuk menghilangkan kegalauannya. Kita menganggap masalah-masalah yang menimpa kita keluar dari mulut kita ketika kita meniup permen karet, kemudian musnah bersamaan ketika permen karet yang kita tiup tersebut meletus.
Ada juga orang yang menulis semua masalah / curahan hatinyan di selembar kertas, kemudian merobek atau membakar kertas tersebut. Kemudian orang tersebut merasa lega karena menganggap masalah tersebut sudah hilang bersama musnahnya kertas tersebut.
So, bagaimana cara kalian menenangkan diri itu bergantung pada diri kalian sendiri. Asalakan tidak terjerumus ke dalam hal-hal negative seperti NARKOBA, MEROKOK, DAN BUNUH DIRI!!
8.    Menangis
Saya yakin, ketika seseorang benar-benar merasa galau atau frustasi yang memuncak, orang tersebut pasti akan mengeluarkan air mata atau yang biasa disebut menangis (kecuali orang-orang yang memiliki kelaianan). Menangis adalah salah satu cara yang paling ampuh untuk mengatasi galau. Tidak hanya wanita yang menangis, namun lelaki pasti juga menangis.
Bukan berarti orang yang menangis itu orang yang lemah dan cengeng. Namun, menangis ternyata dapat mengeluarkan hormon stress yang ada di dalam tubuh yaitu endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin. Selain itu, menangis juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit yang disebabkan oleh stres seperti darah tinggi.
9.    Sholat (bagi muslim) dan berdo’a
Kita sangat memerlukan hal ini dalam mengatasi galau. Dengan beribadah dan berdo’a, kita pasti akan merasa lega. Entah karena apa, tapi banyak orang yang mengalaminya termasuk saya. Selain berusaha kita memerlukan ridho dari Tuhan untuk mengatasi semua masalah yang kita alami.
10.  Lepaskanlah energi negatif dalam tubuh yang menghambat masuknya mood yang pengen masuk ke tubh kita
Caranya, ambillah sebuah pensil dan kertas, lalu gambar atau tulis atau coret apapun semau kita, biarkan energi negatif yang menggerakan tangan, walaupun nanti kertasnya bakal jadi sampah, setidaknya bisa menambah penghasilan pemulung atau pengusaha daur ulang kertas lah. Lumayankan ada manfaatnya… he he he
11.   Salurkan hawa badmood ke hal lain yang gak jelas, siapa tau yang tadinya gak jelas menjadi jelas
Contohnya nonton film gak jelas, ikutin aja ceritanya, salurkan aja hawa badmood nya, lama-lama film yang gak jelas itu jadi jelas, jadi paham sama cerita film itu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yang baik ya