Senin, 23 Februari 2015

Mengenal Lebih Jauh Tentang Gula Dan Jenisnya



Gula pasir kasar (crystalized sugar)

Gula pasir kasar (crystalized sugar)

Gula pasir kasar biasa kita jumpai di pasar-pasar tradisional, gula ini merupakan hasil kristalisasi cairan tebu. Tentunya dilihat dari teksturnya, gula ini memliki butiran yang agak kasar. Warnanya pun warna warni. Umumnya, gula yang mempunyai butiran kasar ini digunakan sebagai taburan di atas cookies sebelum dimasukkan ke dalam oven. Gula ini tidak akan meleleh meski sudah di oven lho.



Gula pasir

Gula pasir

Sama halnya dengan gula pasir kasar, gula pasir merupakan hasil kristalisasi cairan tebu. Namun teksturnya lebih lembut seperti pasir. Gula jenis ini ada dua warna, ada yang berwarna putih dan ada yang berwarna coklat. Gula pasir ini biasanya kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti untuk memasak, atau menambahkan rasa teh dan kopi.



Gula donat

Gula donat

Pernah lihat gula warna putih yang mirip tepung putih? Kalo kita cicipi rasanya manis lho. Itu namanya gula donat. Gula donat ini punya ciri khas kalau dicicipi dan telah masuk ke dalam mulut, gula donat akan terasa dingin. Istimewanya, gula donat ini tidak akan basah jika terkena minyak. Selain untuk taburan donat, biasanya kita jumpai untuk taburan kue putri salju.



Gula kastor (caster sugar)

Gula kastor (caster sugar)

Nah ini dia yang bikin anda penasaran bukan? Hehe. Gula kastor ini teksturnya lebih halus serta berwarna putih bersih daripada gula pasir. Gula kastor ini umumnya digunakan sebagai bahan campuran pemanis dalam adonan kue seperti pastry, cookies, dll. Jika kalian kesulitan menemukan gula kastor, kalian bisa menggunakan cara seperti ini: masukkan gula pasir ke kantong plastik yang bersih, kemudian pukul-pukul gula tersebut sampai hancur. Jadi deh gula kastor sementara. Hihi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yang baik ya