Senin, 23 Februari 2015

Perbedaan Antara Mentega Dengan Margarin


Sekilas memang mentega dan margarin terlihat sama yaa, namun kandungan dan gizinya berbeda lho. Biasanya margari digunakan untuk bahan tumisan-tumisan masakan, tapi sesekali bisa dicampurkan ke dalam kue. Yuk kenali bedanya antara mentega dan margarin dibawah ini.


Mentega
Mentega atau lebih tepatnya dikenal dengan nama "butter" ini terbuat dari lemak susu hewan yang kemudian diproses dengan bahan tambahan lainnya seperti susu, garam, dan air. Karena mengandung lemak hewani, aroma menteganya lebih tajam dan menggoda selera.


Gambar Mentega
Gambar Mentega


Dilihat dari warnanya, warna mentega ini terlihat kuning pucat dan mudah meleleh. Ketika dipanaskan, mentega lebih mudah meleleh dibandingkan dengan margarin. Mentega biasa dijual dalam keemasan kertas aluminium dan ditemukan dibagian bahan makanan yang di dinginkan di swalayan.


Margarin
Margarin sendiri dibuat dari lemak nabati dan dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Tekstur margarinnya lebih padat dan kaku. Warnanya kuning terang dibandingkan dengan mentega. Margarin ini tidak mudah meleleh dan dijual dalam keemasan bungkus plastik atau mangkuk plastik.


Gambar Margarin
Gambar Margarin


Jika dipanaskan, margarin akan meleleh dan berubah menjadi minyak yang berwarna kuning tua dengan sedikit endapan. Jika dikocok, margarin akan mudah sekali menyatu dan lembek. Margarin sering digunakan sebagai bahan tambahan untuk membuat masakan, tumisan, serta campuran dalam minyak goreng agar hasil gorengannya lebih renyah dan gurih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yang baik ya