Senin, 23 Februari 2015

Manfaaat Dan Fungsi Tomat Untuk Kesehatan


Sebelum kita bahas manfaat dari tomat, kalian tau ga kandungan apa saja yang ada didalam satu tomat mentah? Didalam satu tomat mentah mengandung vitamin A, C, K, float dan kalium.Tomat juga mengandung sodium, lemak jenuh, kolesterol dan kalori yang rendah.

Tomat juga mengandung empat jenis karotenoid utama yaitu alpha, betakaroten, lutein dan lycopene. Apa saja manfaatnya sebagi berikut:


 Resep Sambal Terasi Tomat Yang Enak Dan Lezat
     Ilustrasi Manfaat Dan Fungsi Tomat Untuk Kesehatan

      
    1. Pencegahan Kanker
    Kandungan utama pada tomat yaitu likopen terbukti mampu menurunkan 31% risiko kanker pankreas pada laki-laki dengan asupan tinggi dan terendah zat tersebut. Kandungan ini banyak terdapat pada tomat yang sudah dimasak.

          2.  Menurunkan Berat Badan

    Karena tomat mengandung banyak air dan serat, sehingga menjadi salah satu makanan yang dapat mengisi perut dengan cepat tanpa menambahkan resiko penambahan kalori atau lemak di dalamnya.

          3.  Mengurangi Rasa Sakit

    Kandungan bioflavonoid dan karotenoid merupakan zat anti inflamasi yang mampu mengatasi peradangan. Termasuk juga peradangan untuk penyakit yang kronis. Yang biasanya membutuhkan obat untuk melawan rasa sakit (anti inflamasi).
          4.  Meningkatkan Kemampuan Mata

    Tomat mengandung antioksidan yang banyak yaitu beta karoten yang berfungsi sebagai vitamin A dalam tubuh. Vitamin A dapat meningkatkan kemampuan penglihatan dan membantu mengurangi risiko degenerasi makula. Makula adalah kondisi mata dimana yang mengalami penyakit serius dan tidak bisa diobati.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentar yang baik ya