Senin, 23 Februari 2015

Asal Usul Mula Onde Onde


Mengenai sejarah tentang onde onde di Indonesia, belum ada catatan serta sumbernya yang mengetahui kapan onde onde tersebut diperkenalkan di Indonesia. Namun secara pastinya, onde onde sendiri sudah menjadi bagian ciri makanan tradisional khas Indonesia.

Menurut yang dilansir oleh wikipedia.org, onde onde ini awalnya merupakan makanan khas Tiongkok saat zaman dinasti Tang, yang dimana makanan tersebut menjadi kue resmi daerah Xian yang disebut "ludeui".


 Asal Usul Mula Onde Onde
 Asal Usul Mula Onde Onde

Kemudian pengembara tiongkok biasanya selalu membawa makanan ini sebagai bekalnya sampai ke daerah selatan Cina. Lalu berkembanglah hingga ke daerah Asia Timur dan Tenggara seiring dengan menyebarnya orang-orang tiongkok.

Onde onde di Indonesia umumya berbentuk bulat, berwarna coklat, dan berlapiskan taburan wijen. Didalamnya diisi dengan kacang hijau. Sedangkan di Padang penyajian onde-ondenya berbentuk bulat, berwarna hijau, teksturnya kenyal, dan berlapiskan taburan kelapa. Biasanya diisi dengan gula merah cair.

Hayooo pasti pernah dong memakan onde onde ala padang ini? Biasanya mudah kita jumpai disaat ada tukang kue putu keliling.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yang baik ya