Rabu, 04 April 2018

TEKS EKSPLANASI TANAH LONGSOR DAN STRUKTUR

No
Struktur
Teks
1
Pernyataan umum
Tanah longsor merupakan peristiwa terjadinya pergerakan tanah seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah yang terlepas dari bagian utama gunung atau bukit. Tanah longsor umumnya terjadi di kawasan pegunungan. Tanah longsor memiliki beberapa jenis longsoran, diantaranya : longsoran translasi, longsoran rotasi, pergerakan blok, runtuhan batu, rayapan tanah, dan aliran bahan rombakan.
2
Urutan sebab-akibat 1
Tanah longsor yang terjadi di Desa Clapar, Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah bermula sejak Kamis 24 Maret 2016 pukul 18.00  hingga Jumat 25 Maret 2016 pukul 01.30 dini hari. Longsor terjadi akibat hujan deras selama 3 hari berturut-turut menyebabkan terus terjadinya pergerakan tanah, serta akibat dari jenis tanah lempung yang tidak menyerap air akan memicu gerakan air yang semakin cepat.
3
Urutan sebab-akibat 2
Tanah longsor terjadi pada area yang cukup luas, yaitu pada luas 5 hektar, dengan tanah yang bergerak sejauh 1,2 kilometer. Jenis longsoran adalah longsoran merayap yang bergerak secara perlahan-lahan. Kondisi geologi dan topografi di tempat ini, secara alamiah memang mudah terjadi longsor. Sehingga gerakan longsor kembali terjadi dipagi pukul 06.00.
4
Urutan sebab-akibat 3
Gerakan tanah longsor menyebabkan kerusakan rumah warga, sebanyak 9 rumah mengalami rusak berat, 3 rusak sedang, 2 rusak ringan sedangkan 29 unit rumah terancam gerakan tanah. Tidak ada korban namun longsor secara perlahan tersebut memaksa sebanyak 230 warga Clapar mengungsi. Beberapa diantaranya ibu hamil, bayi, balita, dan penduduk usia lanjut. Gabungan yang terdiri atas BPBD Banjarnegara, Kodim 0704/Banjarnegara, Polres Banjarnegara, Pemerintah Kecamatan Madukara, Banser, Tagana, PMI, Bela Negara, dan masyarakat lainnya membantu proses evakuasi warga ke tempat yang lebih aman. Tim gabungan juga bekerja bakti menyingkirkan material longsoran, membuka dapur umum, membuka posko pengungsian, dan pengamanan lokasi. Pengungsi ditempatkan di pengungsian yang disiapkan di beberapa rumah warga yakni di RT 3, 4, 5, RW 1 dan ditempatkan pula di pengungsian di SD 2 Clapar Madukara.
5
Urutan sebab-akibat 4
Selain merusak rumah warga, pergerakan tanah itu memutus jaringan listrik serta memutus total jalan utama Kabupaten Banjarnegara – Pagentan yang melewati Madukara sehingga kendaraan harus berputar melalui Karangkobar.
6
Kesimpulan
Tanah longsor merupakan peristiwa terjadinya pergerakan tanah seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah yang terlepas dari bagian utama gunung atau bukit. Sebelum terjadi tanah longsor biasanya terjadi retakan yang sejajar dengan kemiringan lereng, adanya hujan berkepanjangan dan suara bebatuan mulai berjatuhan dari lereng, serta munculnya mata air baru secara tiba – tiba. Terjadinya tanah longsor menyebabkan kerugian seperti rusaknya rumah, lahan, dan vegetasi tumbuhan bahkan jatuhnya korban jiwa. Tanah longsor dapat dicegah dengan cara reboisasi, pembuatan terasiring, dan tidak membuang sampah sembarangan.

1 komentar:

  1. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus

Komentar yang baik ya