Rabu, 04 April 2018

RESENSI BUKU NON-FIKSI


Terampil Budi Daya Anggrek Vanda

Judul                                      : Budi Daya Anggrek Vanda
Penyusun                               : Dyah Widiastoety Darmono
Desain Sampul                       : Anggoro & Dyah Widiastoety Darmono
Ilustrator                                : Fahrul Lutfie Ragunan
Penerbit                                  : Penebar Swadaya
Tebal                                      : iv + 76 hlm; ilus 23cm
Tahun Terbit                         : 2005
Kota Terbit                            : Jakarta
ISBN                                       : 979-489-891-0

PENGANTAR
Buku yang merupakan karya keenam dari Dyah Widistoety ini ditulis untuk para hobiis maupun pecinta anggrek untuk acuan dalam memilih, merawat, dan membungakan anggrek Vanda. Anggrek di Indonesia diperkirakan berjumlah lima ribu jenis. Salah satu jenisnya adalah anggrek Vanda. Genus Vanda tersebut diperkirakan berjumlah empat puluh spesies. Kelebihan anggrek ini antara lain, ukuran tanaman, daun, serta warna dan corak bunga sangat bervariasi. Ukuran tanaman mulai dari kecil hingga besar. Daun – daunnya panjang, ada yang lebar dan ada pula yang sempit serta tebal. Hasil persilangan anggrek Vanda memiliki variasi warna yang lebih menarik. Menanam hingga merawat tanaman Vanda merupakan suatu kegiatan budi daya yang tidak dapat dipisahkan dan perlu mendapat perhatian khusus agar tanaman sehat dan berbunga.
Buku ini membahas bagaimana cara memilih Vanda saat pembelian dalam berbagai fase pertumbuhan. Sebelumnya juga dijelaskan mengenai anggrek Vanda secara umum. Tidak hanya itu, juga dibahas cara penanaman, perawatan, penyelesaian masalah jika bunga rusak sampai dengan cara mengembang biakkan Vanda. Buku ini terbagi menjadi tujuh bab yang disajikan secara runtut sesuai urutan langkah budi daya tanaman pada umumnya. Disetiap bab terdapat gambar ilustrasi yang menjelaskan materi yang dibahas disetiap babnya.
ISI BUKU
Bab 1 - Sekilas tentang Vanda
Anggrek Vanda dipuji karena keindahan dan kecantikan bunganya. Kata ''Vanda'' berasal dari bahasa Sanskrit yang artinya indah. Spesies anggrek pertama adalah Vanda tessellata roxb, sesuai dengan nama penemunya, William Roxburgh.
Bab 2 - Mengenal Vanda
Vanda adalah anggrek yang terkenal di kalangan masyarakat. Hasil persilangan Vanda juga menjadi primadona jenis komersial. Adapun karakteristik Vanda sebagai berikut : bunga majemuk yang tersusun dalam rangkaian berbentuk tandan, daun berbentuk linear, oblong, oval, segitiga, bahkan seperti mata tombak, akar Vanda berfilamen (lapisan luar akarnya terdiri atas beberapa lapis sel), batang Vanda monopodial (batang utama tumbuh tidak terbatas), buah Vanda berbentuk kapsuler.
Bab 3 - Memilih Vanda yang Menarik
Vanda yang menarik adalah Vanda yang memiliki bunga bersih, jelas, dan terang. Guratan pada bunga juga harus tampak jelas. Selain itu, tekstur bunga yang tebal juga menentukan kualitas anggrek Vanda. Pada bab ini juga dijelaskan untuk memilih Vanda yang menarik, kita perlu mempelajari bagaimana memilih Vanda yang subur, memilih Vanda dalam berbagai fase pertumbuhan, serta bagaimana cara membawa Vanda ke rumah
Bab 4 - Menanam Vanda
Cara menanam Vanda diawali dengan mengatur lingkungan tumbuh. Pada langkah ini kita harus mengatur intensitas cahaya, suhu, dan  kelembapan. Karena batang utama Vanda tumbuh secara tidak terbatas, maka Vanda memerlukan penyangga. Ada dua jenis tumbuhnya Vanda yaitu terestrial dan epifit yang memerlukan cara penanaman berbeda. Untuk anggrek Vanda terestrial dapat digunakan media berupa serutan kayu, sabut kelapa, atau kulit pinus yang kemudian dicapur dengan kompos bambu dan pupuk kandang yang telah masak (yang telah dijemur di bawah cahaya matahari sampai kering). Tempat penanaman bisa menggunakan bedengan atau pot atau sejenisnya.
Untuk anggrek Vanda epifit dapat digunakan media berupa pakis, sabut kelapa, arang, kulit pinus. Tempat penanaman anggrek jenis ini bisa menggunakan pot kayu segi empat atau pada lempengan pakis, batang dan dahan pohon hidup atau sudah mati, serta lainnya.
Bab 5 - Merawat Vanda
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan agar tanaman anggrek dapat tumbuh dengan baik dan berbunga, seperti penyiraman, pemupukan, dan pengendalian hama dan penyakit. Adapun beberapa faktor penting yang turut mendukung pembungaan pada tanaman anggrek antara lain keturunan, kimiawi, kecepatan tumbuh, nutrisi, intensitas cahaya, dan lama penyinaran.
Bab 6 - Tips Mengatasi Kerusakan Bunga
Pada umumnya, rontok atau gugurnya bunga dapat disebabkan oleh faktor alamiah, faktor genetik, iklim, hama dan penyakit, serta pemupukan. Cara mengatasi kerusakan bunga pada masing - masing penyebab juga berbeda. Seperti bunga rontok karena hujan dapat dicegah dengan pemberian sedikit naungan untuk menahan derasnya hujan. Selain itu bunga yang rontok karena suhu perlu penyemprotan dengan air yang bertujuan agar kelembapan nya meningkat. Adapun cara lain untuk menghindari kerusakan anggrek Vanda adalah dengan cara pemupukan.
Bab 7 - Cara Memperbanyak Vanda
Batang anggrek Vanda tumbuh secara tidak terbatas. Akibatnya, batang dan akar tidak mampu menopang tanaman jika tanaman tumbuh tinggi. Dengan demikian, perlu dilakukan perbanyakan secara mudah sekaligus peremajaan tanaman. Cara perkembangbiakan yang cocok adalah dengan setek. Yang perlu dilakukan adalah menyiapkan setek batang. Kemudian menanam setek pada media yang digunakan tergantung jenis anggrek (terestrial atau epifit).
KEUNGGULAN BUKU
Dari segi sampul yang dapat menarik pembaca karena pemilihan gambar dan komposisi warna yang tepat. Selain itu didukung oleh gambar kualitas tinggi dan kualitas cetak yang baik.Ukuran buku yang fleksibel atau mudah dibawa kemana – mana memudahkan pembaca sehingga pembaca dapat mempelajari buku itu disemua tempat.
Pemilihan bentuk dan ukuran huruf yang pas membuat para pembaca nyaman dan tidak terganggu. Penyajian gambar – gambar yang berwarna pada subbab yang memerlukan gambar menambah kejelasan isi buku sehingga pembaca lebih mudah memahami isi buku. Kertas yang digunakan pada bagian yang bergambar memiliki kualitas baik sehingga tidak mengurangi kualitas dari gambar itu sendiri.
Buku ini menggunakan bahasa baku dan makna lugas yang tidak berbelit - belit. Sehingga membuat pembaca lebih mudah memahami informasi yang disampaikan penulis. Pembatasan bab yang jelas tidak membingungkan pembaca untuk memahami isi buku.
KELEMAHAN
Perbedaan jenis kertas yang digunakan antara yang bergambar dan tidak bergambar membuat pembaca terganggu. Isi buku hanya menerangkan budi daya anggrek Vanda secara umum, informasi yang dijelaskan kurang mendetail.


PENUTUP
Secara umum buku ini sangat cocok untuk para pemula yang ingin belajar budi daya anggrek Vanda. Isinya yang ringkas dan sajian langkah yang runtut  dapat membuat pembaca secara mudah memahami bagaimana budi daya anggrek Vanda sebenarnya.  Tetapi buku ini kurang cocok bagi para pembelajar budi daya anggrek Vanda tingkat lanjut karena isinya yang ringkas membuat materi yang ada menjadi kurang luas. Dan secara keseluruhan,  buku ini pantas untuk diapresiasi karena dapat menambah pengetahuan pembaca tentang budi daya anggrek Vanda serta dapat mempermudah para hobiis Vanda maupun orang yang baru menyukai anggrek untuk merawat anggrek jenis Vanda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yang baik ya