Selasa, 03 Maret 2015

Apa itu Cake? Asal Usul Cake

Cake atau bolu adalah makanan yang berbahan dasar tepung. Biasanya cake ini dimatangkan dengan cara dipanggang atau di oven. Cake biasanya menjadi spesial bila dihidangkan pada acara pernikahan, ulang tahun dan acara-acara resmi lainnya.


Cake ini berasal dari daratan Eropa, dan diperkenalkan oleh bangsa Belanda kepada masyarakat Indonesia. Asal usul ditemukannya cake tidak begitu jelas, ada yang mengatakan sejarah cake sama tuanya dengan sejarah ditemukannya roti.


Asal Usul Cake
Asal Usul Cake


Dalam bahasa Norse Kuno (Viking), Kata "Cake" sendiri berasal dari kata "Kaka". Bahasa Norse meliputi negara-negara Skandinavia, seperti Islandia, Norwegia, Denmark, dan Swedia. Ternyata, bahasa Norse kuno ini yang menjadi cikal bakal dialek Jerman Utara.

Akan tetapi, bukti sejarah tertua menyatakan secara pasti bahwa "cake berasal dari Kerajaan Yunani. Mereka menamainya dengan kata "Plakous" yang artinya adalah "Rata". Biasanya mereka mencampurkan bahan-bahan tambahan seperti kacang-kacangan dan madu ke dalam pembuatan cake.

Nah di Indonesia sendiri, cake coklat ini biasa disajikan pada saat pesta ulang tahun, acara-acara tertentu, atau bisa jadi dijadikan kado spesial untuk orang terkasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yang baik ya