Senin, 23 Maret 2015

Tips agar naik kelas

1. Masuk ke dalam kelas minimal 90% dari seluruh total jam masuk sekolah tiap semester. Satu semester yang muali Juli sampai Desembar dan Januari sampai Juni. Gunakan hari tidak masuk sekolah untuk kepentingan antara lain: ikut ke perkawinan atau keperluan paman/bibi/ kakak/kakek/nenek dari bnaik ibu atau bapak/ tetangga. Kalau bisa seh idealnya masuk terus tanpa absen kaya orang Jepang atau Korea ataupun China itu.

2. Mengikuti ulangan atau test atau quis dari guru. Usahakan nilai diatas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) ada yang 7,5 ada yang 7,25 ada juga yang 7,00 tergantung sekolahnya dan tergantung gurunya juga. Setiap mata pelajaran kadang tidak sama dalam satu sekolah.
3. Apabila anda tidak dapat mengikuti ulanga atau test atau quis maka segera temui guru mata pelajaran lalu dengan sopan minta ulangan atau test susulan segera.
4. Pastikan anda mengikuti setidaknya satu kegiatan ekstra untuk kelas I, II, III, IV, V, VII, VII, X, XI. Nilai ekstra kurikuler akan sangat penting bagi masa depan anda kelak.
5. Tanyakan kepada bapak/ibu guru nilai anda. "Bapak/ibu guru yang terhormat, apakah nilai saya sudah mencapai KKM atau belum?" Kalau belum segera minta remedial.
6. Bertingkah laku yang sopan, hospitality, honour, dan responsibility baikl di rumah, sekolah dan di masysrakat.
7. Bersosialisasilah dengan teman. Teman akan memberi tahu anda tugas atau kekurangan tugas anda.
8. Berterima kasih lah kepada semua orang yang telah membantu anda kepada penjaga sekolah/cleaning yang telah membuat sekolah bersih kepada guru yang mengajar, kepada teman yang mengingatkan, kepada pembantu yang bekerja keras, kepada bapak ibu yang berjuang demi anda. Kepada tetangga juga yang menjaga rumah dan ketentraman kampung anda. Kepada semua orang.
9. Mintalah maaf dengan tulus apabila membuat kesalahan baik di kelas, sekolah, rumah , lingkungan. Ingat permintaan maaf yang tulus membuat harga diri anda perlahan naik dan anda bersiap jadi orang besar kelak.
10. Berdoa Kepada Tuhan setiap saat di dalam hati atau terucap atas semua nikmat yang di dapat. Berdoa diberi ayah ibu yang baik, atau ayah/ibu tiri yang baik, atau leluhur anda didoakan semoga mendapat ketenangan abadi. Doakan guru, kepala sekoalh, penjaga, tetangga dan semua orang yang anda temui.
11. Usahakan untuk yang masih harus bayar sekolah. Tolong digenapi kewajiban orang tua anda. Anda sebagai siswa tidak wajib membayar tetapi wajib bilang kepada orang tua tentang kewajiban membayar. Kewajiban anda adalah belajar keras dan serius.
12. Belajar belajar belajar. Buatlah jadwal mandiri belajar di rumah. Tidak perlu dikejar - kejar orang tua untuk belajar . mulailah belajar dengan berdoa.
13. Nonton tV usahakan memilih yang menambah daya naklar anda jangan yang mengurangi konsentrasi belajar anda. Semoga naik kelas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yang baik ya