Selasa, 16 September 2014

HADIS

Beberapa istilah yang kita ketahui dan pahami berkaitan dengan hadis yang dike. mukakan oleh para ahli hadis, antara lain :


  1. Hadis adalah segala sesuatu yang disandarkan kepada Nabi Muhammad SAW baik berupa perkataan, perbuatan, pengakuan, atau sikap (taqrir) maupun sifat beliau.
  2. Khabar adalah pendapat sahih yang hampir searti dengan hadis, tetapi ada pula yang mengatakan berbeda. Hadis itu berasal dari Rasulullah, sedang khabar datangnya dari selain Rasulullah.
  3. Sunah merupakan konvensi sebagian ulama hadis. Namun, pendapat lain mengatakan bahwa hadis dikhususkan dengan perkataan, perbuatan, pengakuan, atau sifat Rasulullah sendiri.
  4. Asar menurut pendapat yang kuat semakna dengan hadis, pendapat yang lain mengatakan, asar adalah hadis mauquf (hadis yang datangnya dari sahabat).
  5. Matan adalah bunyi suatu hadis atau materi berita yang disampaikan oleh sanad (penyampai matan) yang terakhir.
  6. Sanad adalah jalan yang menyampaikan atau yang menghubungkan matan hadis kepada Rasulullah SAW.
  7. Isnad adalah seorang yang menjelaskan suatu hadis sampai kepada orang yang menjadi sandaran hadis itu, atau isnad itu searti dengan sanad.
  8. Musnid adalah orang yang meriwayatkan hadis dengan menyebutkan namanya.
  9. Musnad adalah nama kitab yang  menghimpun seluruh hadis yang diriwayatkan oleh para sahabat. Dapat pula diartikan dengan sanad dan nama salah satu macam hadis.
  10. Muhaddis adalah orang yang menghafal banyak hadis (sedikitnya 1000 hadis) dan mengetahui benar0benar sejarah perawinya.
  11. Hafiz adalah orang yang hafal 100.000 hadis dengan sanadnya.
  12. Hujjah  adalah orang yang menghafal 300.000 hadis dengan sanadnya.
  13. Hakim adalah orang yang menghafal lebih dari 300.000 hadis dan menguasai seluruh hadis yang diriwayatkan, sejarahnya beserta sanadnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yang baik ya