Kamis, 11 Desember 2014

KARYA SENI RUPA NUSANTARA

      Karya seni rupa adalah ungkapan gagasan atau perasaan yang estetis dan bermakna yang diwujudkan melalui media titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, dan gelap terang yang ditata dengan prinsip tertentu. Karya seni rupa yang sering kali kita lihat di dalam kehidupan sehari-hari menurut kegunaannya dibagi menjadi 2 :
  1. Karya seni rupa murni adalah karya seni yang diciptakan mengutamakan fungsi keindahannya atau hanya untuk dinikmati nilai atau mutu seninya dengan indera penglihatan. Misalnya lukisan, patung, relief, karya dekorasi, dsb.
  2. Karya seni rupa terapan adalah karya seni yang diciptakan mengutamakan fungsi pakainya selain dinikmati mutu seninya. Seni terapan dapat dibedakan menjadi 2 yaitu seni kriya (kerajinan tangan) seperti ukiran, anyaman, karya keramik, barang pecah belah, topeng, karya batik, dll. Serta seni desain seperti ragam hias, produk interior dan eksterior, desain rumah dsb.
        Karya seni kriya pada umumnya dibuat dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan praktis dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya benda gerabah untuk kebutuhan alat dapur dan alat-alat rumah tangga lainnya.Selain untuk memenuhi kebutuhan praktis tersebut pembuatan benda terapan tidak terlepas juga dari sentuhan keindahan (estetika). Tujuannya adalah agar benda-benda tersebut memiliki perwajahan yang lebih menarik dan diharapkan mampu memenuhi selera keindahan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yang baik ya